• October 3, 2023

Sering Bersin di Pagi Hari? Jangan Anggap Remeh

Umumnya, bersin muncul sebagai salah satu gejala flu, namun tidak semua berarti demikian. Bersin adalah cara tubuh membersihkan rongga hidung dari partikel asing yaitu debu, kotoran, atau asap. Saat partikel masuk ke lubang hidung, rambut kecil di dalamnya menyaring dan merangkap partikel dengan lendir. Setelahnya, rambut mengirim sinyal ke otak untuk memicu sensasi gatal dan bersin, sehingga partikel asing dari lubang hidung bisa keluar.

Pada sebagian orang, bersin bisa dialami di pagi hari karena berbagai sebab dan bisa muncul walau sedang sehat. Bersin di pagi hari tersebut bisa berkurang menjelang siang.

bersin di pag hari
Foto: Pexels.com

Penyebab Sering Bersin di Pagi Hari

Meskipun merupakan reaksi alami berupa pertahanan tubuh terhadap bakteri atau partikel lain yang berbahaya, bersin setiap pagi menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika Sahabat Sehat mengalaminya, maka jangan anggap remeh. Deteksilah faktor apa yang menyebabkanmu sering bersin saat pagi hari.

Udara Kering

Udara kering dari pemakaian AC selama tidur juga memicu bersin setiap pagi. Penyebabnya adalah udara kering yang terhirup membuat sinus ikut mengering. Akibatnya, partikel yang masuk ke hidung lebih mudah mengiritasi lapisan mukosa hidung dan jadilah kamu mengalami bersin.

Aroma Menyengat

Penggunaan bahan beraroma menyengat sebelum tidur, misalnya lilin aromaterapi, sabun mandi, lotion, atau minyak esensial. Aroma menyengat ini dapat mengiritasi hidung, sehingga produksi lendir meningkat dan menyebabkan hidung mampet dan bersin-bersin.

Rinitis Alergi

Rinitis alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan. Reaksi alergi muncul saat menghirup alergen, misalnya bulu binatang peliharaan, jamur, atau debu. Alergen juga bisa terhirup saat tidur dan bereaksi saat bangun. Gejala rinitis alergi ini disertai batuk, mata berair dan gatal, tekanan di hidung dan pipi, ataupun sakit tenggorokan, yang berlangsung hingga beberapa minggu.

Rinitis Non-alergi

Rinitis non-alergi atau rinitis vasomotor juga memicu bersin di pagi hari. Gejala rinitis vasomotor berupa hidung meler, tenggorokan berlendir, dan batuk. Kondisi ini muncul karena ujung syaraf hidung yang terlalu sensitif.

Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan jaringan yang melapisi jaringan sinus (rongga udara di belakang tulang wajah). Sinus berfungsi memproduksi lendir yang menjaga kebersihan hidung agar bebas bakteri. Jika sinus radang, maka bisa tersumbat dan terisi cairan yang menyebabkan bersin.

Efek Samping Obat-obatan

Obat-obatan yang memicu bersin setiap pagi adalah aspirin, ibuprofen, obat hipertensi, antidepresan, dan obat untuk disfungsi ereksi. Jika diminum malam hari, obat tersebut membuat hidung tersumbat esok harinya. Kemungkinan lainnya, tubuhmu sensitif pada salah satu zat di dalam obat.

humidifier
Foto: Pexels.com

Bagaimana cara pencegahannya?

Mencegah bersin di pagi hari bisa dilakukan dengan menghindari penyebab utamanya. Bersihkan kamar dan lingkungan sekitarmu secara rutin agar tidak berdebu. Gunakan penyedot debu untuk menghisap kotoran dan debu yang menempel pada karpet. Gantilah seprai dan karpet di kamar secara teratur. Agar lebih aman, alas berupa karpet diganti dengan bahan vinil keras atau kayu. Jangan mengelap permukaan barang dengan kain lap kering karena bisa menyebarkan alergen, sehingga gunakan lap bersih yang lembab.

Gunakan humidifier untuk melembabkan udara agar tidak kering dan memicu bersin. Pastikan sirkulasi udara lancar. Hindarilah tidur dalam kondisi jendela terbuka dan gunakan bantal setinggi 15-20 cm agar nyaman. Pastikan tubuhmu tetap terhidrasi dengan banyak minum sebelum dan saat bangun tidur.

Bersin merupakan hal yang normal, namun jika terlalu sering juga harus ditangani dengan baik. Jika masih sering bersin di pagi hari setelah melakukan upaya pencegahan tersebut, maka periksalah ke dokter untuk memastikan kondisimu serta memperoleh tindakan medis yang tepat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *