• October 3, 2023

Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil yang Harus Diketahui

1. Cuci tangan setiap saat

Biasakan untuk selalu mencuci tangan hingga bersih sebelum atau sesudah menyentuh area organ intim. Ini penting dilakukan guna mencegah masuknya bakteri ke dalam vagina.

2. Bersihkan organ intim dengan cara yang tepat

Setelah buang air besar atau buang air kecil, bersihkan organ intim menggunakan air dengan cara yang tepat. Dahulukan membersihkan vagina, lalu anus untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina.

Jika dirasa sudah bersih, keringkan menggunakan handuk atau tisu yang lembut agar vagina tetap kering dan terjaga kelembapannya.

3. Hindari membersihkan vagina dengan sabun

Saat membersihkan organ intim, Anda disarankan untuk menghindari penggunaan sabun yang mengandung parfum, terutama bila memiliki kulit yang sensitif. Selain itu, hindari pula melakukan vaginal douche atau terlalu sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan.

Kebiasaan tersebut dapat mengganggu pH dan keseimbangan bakteri baik pada vagina. Apabila keseimbangan bakteri baik tidak terjaga dengan baik, risiko terkena infeksi vagina pun semakin besar.

4. Gunakan pakaian dalam yang nyaman

Pakaian dalam dari bahan katun yang longgar dapat menjadi pilihan yang tepat bagi ibu hamil. Selain itu, ibu hamil disarankan untuk mengganti pakaian dalam lebih sering dari biasanya, terutama jika keputihan sedang banyak. Ini dilakukan agar area organ intim tetap kering dan bersih.

Keputihan yang terjadi saat hamil sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun kamu harus memperhatikan jika keputihan yang kamu alami berbeda, seperti berubah warna, berbau atau menimbulkan rasa gatal yang terjadi terus menerus. Jika demikian, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab serta ditangani sebelum semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *