• October 1, 2023

Pentingnya Stretching pada Tangan dan Gerakannya

Stretching atau peregangan otot merupakan aktivitas penting untuk menjaga otot tubuh tetap lentur, kuat, dan sehat. Ada berbagai jenis stretching yang bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Umumnya, stretching dilakukan sebagai gerakan pemanasan dan pendinginan setelah olahraga. Meskipun demikian, stretching tetap bisa dilakukan walaupun tidak sedang berolahraga. Kamu justru disarankan melakukan stretching agar terhindar dari masalah otot akibat gerakan berulang atau terus menerus yang menyebabkan rasa pegal, kaku, ataupun nyeri. Salah satunya adalah peregangan pada tangan.

streching tangan
Foto: Freepik.com

Kenapa Penting Melakukan Stretching pada Tangan?

Tangan mempunyai pergerakan yang beragam, terus menerus, dan ke segala arah sesuai persendian. Jika kamu merasa sakit saat melakukan gerakan sederhana, maka berarti ada yang salah dengan ototmu. Oleh karena itu, penting dilakukan latihan peregangan agar mengurangi rasa sakit bahkan mencegahnya.

Rutin melakukan peregangan di sela aktivitas akan membuatmu terhindar dari rasa pegal, kaku, nyeri, bahkan cedera. Kekuatan dan kelincahan otot akan kembali normal, sehingga kembali mendukung setiap aktivitasmu.

Gerakan Stretching Tangan

Mengingat banyaknya pergerakan tangan di setiap harinya, pasti kamu sering mengalami tangan pegal. Fleksibilitas juga berkurang jika terlalu banyak digerakkan, terlebih pada gerakan berulang dalam beberapa menit. Berikut adalah rangkaian gerakan stretching tangan untuk mengembalikan kebugaran otot tangan.

Gerakan memutar pergelangan tangan

Gerakan ini bisa dilakukan dengan duduk atau berdiri. Pertama-tama, posisikan tangan membentuk sudut siku-siku 90 derajat. Lakukan gerakan memutar sendi telapak tangan beberapa kali seperti sedang menari. Kamu bisa melakukannya beberapa kali hingga rasa pegal, kaku, atau nyeri di pergelangan tangan menghilang.

Gerakan menekuk pergelngan tangan ke atas dan bawah

Gerakan ini dimulai dengan memposisikan tangan menjadi sudut 90 derajat. Gerakkan telapak tangan ke atas dan ke bawah secara bergantian sampai terasa seperti tertarik. Lakukan gerakan ini secara berulang untuk melemaskan otot yang kaku. Kamu bisa melakukannya kembali saat merasa pegal atau kaku.

Duduk sila dengan kedua tangan di depan dada

Posisikan diri duduk bersila dengan kedua tangan di depan dada, seperti orang yang berdoa. Buatlah gerakan tangan menurun secara perlahan sampai otot terasa tertarik. Jika otot sudah merasa tertarik, tahan sekitar 5-7 menit, kemudian ulangi gerakan tersebu beberapa kali hingga rasa pegal atau nyeri mereda.

Melemaskan jari tangan

Gerakan melemaskan jari tangan memang banyak dipraktikkan untuk mengurangi rasa pegal atau kaku pada tangan. Gerakan tersebut diawali dengan meluruskan tangan kanan ke depan dengan posisi telapak tangan dan jari menghadap ke arah badan. Tarik jari-jari lurus ke arah badan hingga otot terasa tertarik. Tahan posisi tersebut selama 3-5 detik, kemudian lepaskan. Kamu bisa mengulangi gerakan ini sampai otot tangan rileks dan kembali bugar.

peregangan telapak tangan
Foto: Freepik.com

Mengaitkan tangan

Angkatlah kedua tangan ke hadapanmu dengan posisi kedua siku sejajar. Bawa siku kanan ke atas siku kiri dan pertahankan posisi tangan tetap berada di tengah. Kedua tangan akan otomatis merapat dengan dada, sehingga pundak terasa sedikit meregang. Silangkan atau kaitkan kedua tanganmu agar kedua telapak tangan bisa saling menyentuh. Tahan posisi tersebut sekitar 25 detik, kemudian kembalilah ke posisi semula. Ulangi gerakan dari awal, namun kali ini siku kiri di atas siku kanan.

Otot yang tegang dan kaku pada tangan dapat diatasi dengan gerakan stretching. Sahabat Sehat akan kembali rileks dan siap melanjutkan aktivitas dengan nyaman. Stres akibat kelelahan juga berkurang dan tidak menyebabkan bad mood. Selain itu, aliran darah ke otot seluruh tubuh juga lancar, sehingga menurunkan risiko nyeri otot. Meskipun demikian, ingatlah agar tidak beraktivitas terlalu berat dan jangan lupakan istirahat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *