• June 4, 2023

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Imun tubuh berguna untuk melindungi tubuh supaya kamu tidak mudah jatuh sakit. Namun, adanya perubahan cuaca yang tiba-tiba serta gaya hidup yang kurang sehat sering kali membuat imun tubuhmu bisa menurun. Bagaimana ya cara meningkatkan imun tubuh supaya kamu tak gampang sakit? Simak ulasannya dari Bumame berikut ini!

1. Tidur Cukup

Faktanya, kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk bisa menyebabkan melemahnya sistem imun yang bikin kamu terhadap penyakit. Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami.

Dalam kondisi normal, orang dewasa harus tidur 7 – 8 jam setiap malam, sementara remaja membutuhkan 8-10 jam. Bayi dan di bawah usia remaja butuh tidur hingga 14 jam.

Sebuah penelitian pun menjabarkan bahwa kamu perlu tidur lebih banyak saat sakit agar sistem kekebalan Anda melawan penyakit dengan lebih baik.

2. Batasi Konsumsi Gula

Konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat bisa menyebabkan obesitas dan diabetes. Nah, penyakit ini turut serta dalam melemahkan sistem imun. Oleh karena itu, batasilah konsumsi gula ya!

Kamu dapat memulai dengan cara membatasi asupan gula hingga kurang dari 5% dari kalori harian atau sama dengan sekitar 2 sendok makan (25 gram).

3. Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

Air memainkan banyak peran penting dalam tubuhmu, termasuk mendukung sistem kekebalan. Itu sebabnya kamu perlu memastikan selalu terhidrasi dengan cara minum air putih yang cukup. Studi mengungkapkan bahwa sebaiknya pria minum air putih sekitar 3,7 liter per hari sedangkan wanita minum air putih 2,7 liter per hari.

4. Kelola Stress

Mengelola stres dan kecemasan adalah kunci kesehatan kekebalan tubuh.Aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres adalah meditasi, olahraga, menulis jurnal, yoga, dan lainnya. Jika dibutuhkan, kamu dapat berkonsultasi dengan psikolog yang sudah tersertifikasi secara langsung.

5. Rutin Berolahraga

Penelitian menjelaskan, olahraga secara teratur dapat mengurangi peradangan dan membantu sel kekebalan beregenerasi secara teratur. Contoh olahraga yang bisa kamu coba adalah joging, berenang, dan hiking ringan. Setidaknya, kamu perlu berolahraga selama 150 menit per minggu.

6. Berhenti Merokok

Kalau kamu seorang perokok, maka berhenti merokok bisa menjadi awal untuk hidup lebih sehat serta meningkatkan kekebalan tubuh. Mengutip dari Centers for Disease Control and Prevention, merokok meningkatkan risiko masalah sistem kekebalan tubuh dan rheumatoid arthritis.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Kamu wajib mengonsumsi makanan yang sehat bila ingin sistem imun tubuh tetap kuat. Konsumsilah banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, protein tanpa lemak dan makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat.

8. Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa memengaruhi cara kerja tubuh dalam memerangi penyakit, lho! Jagalah berat badan agar tetap stabil, hindari makan berlebihan dan usahakan rutin berolahraga.

9. Jangan Minum Alkohol Berlebihan

Selanjutnya, Centers for Disease Control and Prevention pun menyebutkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang. Itu sebabnya pula kamu perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol.

10. Minum Suplemen Jika Dibutuhkan

Kamu bisa mengonsumsi suplemen bila perlu, khususnya ketika kamu menjalani masa pemulihan setelah sakit atau di tengah cuaca pancaroba. Biasanya, suplemen ini mengandung vitamin C, vitamin D, dan Zinc yang berguna untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Namun, bila tubuhmu cenderung sering sakit terus-terusan walau sudah melakukan gaya hidup sehat, jangan ragu untuk menjalani tes imunologi. Sebab bisa jadi itu adalah tanda awal jika kamu memiliki masalah terkait imun tubuh.

Bumame juga menyediakan layanan apotek yang dapat kamu manfaatkan untuk menjaga kekebalan tubuh. Kamu bisa memesan suplemen dan multivitamin melalui Whatsapp dan menikmati gratis ongkir se-Jadetabek. Cara meningkatkan imun tubuh semakin mudah bareng Bumame, deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *