• June 8, 2023

Benarkah Stres Sebabkan Rambut Rontok?

Seperti yang diketahui bahwa rambut rontok bisa disebabkan berbagai hal, seperti kurangnya nutrisi, kehilangan kelembaban karena kondisi cuaca, penuaan, hingga perawatan rambut yang salah.

Selain faktor tersebut, kerontokan rambut juga bisa terjadi karena stres, loh! Banyak hal yang memicu stres, bisa karena kondisi fisik dan emosional, maupun faktor lingkungan, keluarga, dan ekonomi. Jika dibiarkan dan stres semakin parah, bukan tidak mungkin berujung pada kebotakan.

masalah rambut rontok
Foto: Pixabay.com

Jenis Kerontokan Rambut karena Stres

Kondisi kerontokan juga berbeda berdasarkan seberapa parah tingkat stresnya. Tanda awal rambut rontok karena stres adalah menipisnya rambut di bagian pangkal (dekat kulit kepala), ada bagian yang botak, dan berkurangnya volume rambut dari hari ke hari.

Ada tiga jenis kerontokan rambut karena stres. Pertama, telogen effluvium yang ditandai dengan kerontokan rambut secara mendadak atau dengan waktu cepat karena stres tinggi. Stres semakin memicu kerontokan saat fase telogen.

Kedua, alopecia areatat yang terjadi saat stres tinggi menyebabkan gangguan autoimun. Imunitas tubuh yang menyerang folikel rambut bisa merusak rambut dan menghambat pertumbuhannya.

Ketiga, trichotillomania yang terjadi karena didorong perilaku penderita. Seseorang yang mengalami stres akan menarik rambut sebagai bentuk pelampiasan rasa frustasi, kecewa, sedih, depresi, atau kebosanan akut.

Cara Mengatasi

Rambut rontok karena stres ini umumnya bersifat sementara dan bisa segera diatasi jika mempunyai manajemen stres yang baik. Akan tetapi, jika dibiarkan atau tidak mengatasi pemicu stres, maka kerontokan semakin parah. Inilah tips efektif untuk mengatasi kerontokan rambut akibat stres.

Mengetahui Faktor Pemicu Stres

Ini adalah langkah efektif untuk menurunkan, hingga menghilangkan stres penyebab rambut rontok. Sahabat Sehat perlu mencari tahu apa yang membuat kamu merasa stres atau tertekan. Dengan begitu, kamu bisa mengatasinya agar tidak menjadi stres berkepanjangan.

Melakukan Relaksasi

Kepala terasa penat, kondisi emosional tidak stabil, tubuh lemas dan terasa lelah, bisa menjadi tanda kamu sedang stres. Lakukanlah relaksasi untuk mengurangi stres yang dirasakan, seperti menghela nafas, pernapasan dalam, yoga, meditasi, senam, olahraga ringan, dan mendengarkan musik. Hal ini sangat membantu mengatasi rambut rontok yang sebelumnya terjadi karena stres.

perawatan rambut
Foto: Freepik.com

Melakukan Self Care

Self care ini membantu menurunkan tingkat stres, sehingga mengurangi keparahan rambut rontok. Bisa denganĀ melakukan hobi, memberikan pijatan, dan perawatan rambut sepertiĀ creambath, pemakaian serum dan conditioner. Tubuh yang sehat, merupakan kunci untuk kamu merasa nyaman dan bahagia.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Asupan makanan dan minuman sehat tentu sangat berkontribusi pada kesehatan rambut. Persoalan rambut rontok ini bisa diatasi dengan mengoptimalkan asupan zat gizi. Caranya dengan menerapkan pola makan sehat yang bergizi seimbang. Penuhi kebutuhan protein dan zat besi yang bagus untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Stres pasti dialami oleh setiap orang. Oleh karena itu, Sahabat Sehat perlu mampu mengendalikannya agar tidak merugikan diri sendiri. Salah satunya menyebabkan rambut rontok. Berbagai tips di atas bisa sangat membantu untuk mengatasi persoalan rambut rontok karena stres berlebih.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *