• October 3, 2023

Asam Amino Triptopan sebagai Serotonin Booster

Serotonin merupakan salah satu jenis hormon yang dapat mengatur mood. Ketika hormon ini aktif maka kamu merasa senang atau bahagia. Diperlukan prekursor pengaktif serotonin, salah satunya dengan asupan protein atau asam amino yang bernama triptofan. Lebih jelasnya, yuk simak artikel ini!

Asam amino triptofan

Asam amino triptofan termasuk kedalam asam amino esensial yang ditemukan banyak dalam makanan yang berbasis protein, buah dan sayur. Triptofan menjadi prekusor serotonin yang diproduksi secara perifer dan sentral. Sintesis serotonin terjadi di usus, sel enterokromafin dan terpusat di dalam saraf dibatang otak. Serotonin, penting untuk berfungsinya otak, kadar triptofan yang rendah dapat mengurangi jumlah serotonin dalam tubuh.

serotonin booster
Foto: Freepik.com

Mengonsumsi makanan kaya triptofan, asam amino yang membantu meningkatkan produksi serotonin, mungkin berdampak positif pada suasana hati dan kesehatan tubuh. Serotonin dikaitkan dengan pengaturan suasana hati dan dikenal sebagai faktor kunci dalam kesehatan mental secara keseluruhan.

Mood dan Triptofan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, seseorang yang mengalami depresi memiliki kadar triptofan lebih rendah dari biasanya. Sebuah penelitian telah dilakukan terhadap 15 orang dewasa sehat yang hidup di lingkungan penuh tekanan. Kelopok pertama memiliki kondisi kadar triptofan normal dalam darah dan kelompok lainnya punya kadar triptofan lebih rendah.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa kecemasan, ketegangan dan perasaan gugup lebih tinggi pada orang dengan kadar triptofan rendah. Hasil ini menjelaskan kalau rendahnya kadar triptofan dapat sebabkan cemas. Mereka juga dapat meningkatkan agresi dan impulsif pada individu yang agresif. Dengan kesimpulan, rendahnya kadar triptofan dapat menyebabkan gangguan mood, termasuk depresi dan kecemasan.

Makanan sumber tritofan

Telur menjadi salah satu makanan yang secara signifikan dapat meningkatkan kadar triptofan pada plasma darah. Saat mengonsumsi telur, pastikan kamu ngga melewatkan bagian kuning telurnya, karena kuning telur sangat kaya akan triptofan. Bukan hanya telur, keju dan buah nanas segar juga telah terbukti mampu meningkatkan serotonin.

sumber asam amino triptoan
Foto: Freepik.com

Nah, selain itu kacang-kacangan dan biji-bijian juga menjadi sumber asam amino triptofan. Sebagia contoh, produk kedelai seperti tahu maupun tempe yang harganya terjangkau dan baik untuk penggiat diet vegetarian, bisa menjadi salah satu sumber triptofan dalam menu harian.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung triptofan, Sahabat Sehat bisa mengoptimalkan kadar serotonin dalam tubuh dengan olahraga, terpapar sinar matahari dan konsumsi makanan atau minuman probiotik. Dengan begitu kamu siap menjalankan hari tanpa merasa badmood.

su_accordion]

[/su_accordion]

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *