• September 28, 2023

5 Macam Dressing Salad Rendah Kalori

Tidak semua salad cocok untuk diet, kok bisa? Karena tidak semua dressing salad rendah kalori. Tak jarang salad buah atau sayur menggunakan bahan tinggi kalori, misal mayones, kental manis, dan keju. Oleh karena itu, ngga cocok buat kamu yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, kalori dressing atau saus salad sendiri bisa melebihi kalori bahan baku utama salad, yaitu buah atau sayurnya. Satu porsi dressing salad buah bisa sampai sekitar 120 Kkal. Terlebih juka dressing digunakan dalam jumlah banyak, kemudian masih tambah topping sperti keju parut yang melimpah. 

Berikut solusi untuk Sahabat Sehat yang butuh alternatif dressing salad rendah kalori. Tentunya, tidak menggunakan keju, kental manis, dan mayones. Parutan keju bisa kamu ganti dengan bahan lain yang juga rendah kalori, seperti kacang almond. 

Dressing Salad ‘Susu’ Almond

Dressing salad ini bisa kamu buat dengan cara memasak hingga mendidih bahan sari almond, fiber cream, sedikit pemanis, dan maizena untuk mengentalkan dressing. Kemudian, campurkan dengan air lemon. 

Satu porsi dressing salad ini memiliki kalori sekitar 47 Kkal. Menggunakan jenis pemanis sangat memengaruhi jumlah kalorinya, contoh 10 gram gula putih biasa memiliki kalori sekitar 39 Kkal, sedangkan pemanis bahan stevia atau bubuk jagung hanya 0-10 Kkal per satu porsi salad. 

dressing salad
Foto: Freepik.com

Greek Yogurt 

Kalori satu porsi atau 50 gram greek yogurt untuk satu porsi salad memiliki kalori sekitar 80 Kkal. Bukan hanya kalori yang rendah, produk greek yogurt juga bermanfaat untuk tulang, serta menjaga kesehatan  pencernaan. 

Kamu juga bisa buat dressing salad dengan mengkombinasikan greek yogurt dengan madu dan buah mangga gadung yang telah dihancurkan. Dressing salad ini memiliki kalori sekitar 84 Kkal per porsi. Ingin kalori lebih rendah? Kamu bisa mengganti madu dengan maple syrup yang kalorinya sedikit lebih rendah. 

Plain Yogurt dan Madu

Dressing salad rendah kalori juga bisa menggunakan dua bahan saja, yaitu plain yogurt dan madu. Meskipun hanya dua bahan, kamu bukan hanya dapat rasanya yang enak, tetapi juga rendah kalori. 50 gram yogurt plain dan 1 sendok makan madu kalorinya sekitar 87 Kkal. 

Bubuk Kacang dan Sari Lemon

Tiga varian sebelumnya cocok untuk salad buah, nah kalau dressing salad dari campuran bubuk kacang dan sari lemon ini cocok untuk salad sayur. Jumlah kalorinya juga rendah sekitar 58 Kkal untuk satu porsi salad. 

dressing salad rendah kalori
Foto: Freepik.com

Minyak Zaitun dan Lemon

Campuran minyak zaitun dan lemon juga cocok untuk sayur, kalorinya sekitar 83 Kkal. Cara buatnya adalah dengan mengocok campuran minyak zaitun, perasan air lemon, serta garam dan merica secukupnya. Agar lebih sehat, kamu bisa menggunakan jenis extra virgin oil

Dressing salad rendah kalori cocok untuk Sahabat Sehat yang sedang program diet rendah kalori. Varian dressing tersebut kalorinya masih bisa berubah lebih rendah, misal dengan sepenuhnya tanpa pemanis. Namun, kalorinya juga bisa jadi lebih banyak, contohnya dengan mengganti sari almond dengan susu sapi berlemak.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Putri Yulianingtyas

Lulusan Diploma Tiga Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *